PawonMarket

Bersama Pawon Ciptakan Lingkungan Bebas Polusi, Wujudkan Budaya Kreatif Ekonomi Kerakyatan Profesional

Highlight

Wakil Walikota Cilegon Kunjungi CFD Cilegon

Pawoncilegon.com | Bertepatan terselanggaranya acara santunan "Pawon Peduli Yatim" di Car Free Day Cilegon (CFD) pada 1 Desembe...

Senin, 03 Februari 2020

Manfaat Kesehatan Mengendarai Motor

Hobi merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang kuat dari dalam diri, hobi juga membuat kita banyak menginvestasikan sesuatu kedalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan senang hati. Kegiatan hobi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu yang luang.

Lalu mengendarai motor dan melakukan perjalanan kesuatu tempat yang belum pernah dikunjungi atau disebut Touring, apakah itu sebuah hobi?

Terlepas hobi atau bukan beberapa sumber mengatakan bahwa mengendarai sepeda motor apalagi dilakukan bersama-sama, ternyata memiliki banyak manfaat, bisa menyingkirkan rasa penat dan stres, karena bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, terutama jika menuju ketempat yang baru, pastinya kita akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan yang membuat perasaan jadi takjub.

Sebuah penelitian tentang manfaat touring dengan melibatkan 50 orang, dibagi menjadi dua kelompok antara yang rutin mengendarai motor dan yang tidak. Masing-masing diuji fungsi otaknya dan fungsi kognitifnya.

Setelah dua bulan riset tersebut dilakukan, ditemukan bahwa kelompok yang rutin menggunakan motor, fungsi kognitifnya lebih baik. Selain itu ketika diuji dengan menghapal sejumlah angka, mereka yang mengendarai motor memiliki hasil 50 % lebih tinggi.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa melakukan perjalanan dengan motor apalagi dengan jarak jauh dapat membuat seseorang lebih bahagia dan tingkat stresnya menurun, karena adrenalin ketika mengendarai motor cenderung meningkat, mendorong pembentukan endorphin dalam tubuh.

Seperti diketahui zat endorphin ini merupakan pemicu rasa senang. Selain itu terpaaan sinar matahari ketika bermotor bisa meningkatkan produksi vitamin D. Vitamin tersebut dapat membuat mood seseorang menjadi jauh lebih baik.

Mengendarai motor juga bisa membakar kalori setara dengan melakukan jalan cepat yaitu sekitar 200-300 kalori. Bahkan ketika berkendara dalam kecepatan menengah dan cepat seperti ketika melakukan perjalanan keluar kota, kalori yang terbakar bisa mencapai 600 kalori.

Selain kalori yang terbakar, tubuh juga akan dilatihan membentuk otot. Karena badan harus tak henti mengendalikan dan menyeimbangkan stang motor. Dan satu hal lagi jika bermotor dilakukan secara rutin terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Diadaptasi dari artikel yang di publikasi oleh : health.grid.id

0 komentar:

Posting Komentar