PawonMarket

Bersama Pawon Ciptakan Lingkungan Bebas Polusi, Wujudkan Budaya Kreatif Ekonomi Kerakyatan Profesional

Highlight

Wakil Walikota Cilegon Kunjungi CFD Cilegon

Pawoncilegon.com | Bertepatan terselanggaranya acara santunan "Pawon Peduli Yatim" di Car Free Day Cilegon (CFD) pada 1 Desembe...

Jumat, 13 Juli 2018

MEMANGNYA CFD ADA MANFAATNYA?

PawonCilegon.com | Masyarakat Cilegon dan sekitarnya tentu sudah mengetahui adanya kegiatan Car Free Day (CFD) yang digelar setiap akhir pekan di Jl. Yasin Beji, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon sejak 2014 lalu. Lokasinya yang bersebelahan dengan komplek perumahan PT. KS, Krakatau Junction, dan tak jauh dari Stadion KS, serta dekat akses masuk RSKM.


Pria, wanita, anak-anak, remaja, dewasa hingga kakek nenek memanfaatkan akhir pekan dengan mengunjungi CFD. Mereka datang dengan beragam alasan, mulai dari olahraga, wisata kuliner, fashion, hunting kebutuhan rumah tangga, ajak anak istri refresing, mencari jajanan murah, sekedar jalan santai, dan masih banyak lagi destinasi yang lain, bahkan CFD menjadi tempat berkumpul dengan teman-teman atau beserta keluarga.


Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) yang telah diberi mandat untuk mengelola kegiatan CFD melalui SK Walikota, Saat ini telah beranggotakan 492 pedagang yang telah terdaftar di DISPERINDAG.

Fakta dilapangan CFD setiap pekannya semakin bertambah pengunjung,  baik yang masyarakat Cilegon, luar cilegon seperti Anyer, Serang, Merak, bahkan dari luar daerahpun ada.

Dengan kondisi ini merangsang siapapun para pengais rezeki untuk bisa berjualan di CFD, berharap masih ada tempat yang tersedia, namun dengan terbatasnya lahan maka tidak ada lagi pendaftaran anggota baru.


Selama CFD berlangsung Pawon banyak melibatkan instansi external baik dari pemerintah, organisasi masyarakat, keamanan, kesehatan, serta layanan umum, diantaranya :
1. Anggota UNIT PAM OBVIT Polres Cilegon
2. Unit SHABARA POLSEK Pulomerak
3. Unit Lantas POLSEK Pulomerak
4. Unit Intelkam POLSEK Pulomerak
5. POLSUB Sektor Purwakarta
6. PASI INTEL KODIM 0623
7. BABINSA KORAMIL Pulomerak
8. POL PP Kec. Purwakarta
9. Anggota DAL OPS DISHUB Cilegon
10. ORMAS GEMPUR, Kec. Purwakarta
11. Karang Taruna Kec. Purwakarta.
Hal ini untuk menjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung selama berlangsungnya kegiatan CFD.


Selain itu Pawon juga melakukan kerjasama dengan yayasan-yayasan sosial serta layanan publik. Ini untuk memfasilitasi dan memudahkan masyarakat Cilegon atau Pengunjung CFD dalam menyalurkan donasi, mendapatkan informasi, atau fasilitas gratis yang bisa di nikmati. Diantaranya cek kesehatan gratis, penerimaan zakat, infaq atau sodaqoh melalui lembaga terpercaya, serta penggalangan dana sosial baik untuk bencana alam, musibah, serta kegiatan-kegiatan sosial yang memiliki nilai ibadah yang tinggi, karena banyak manfaat bagi masyarakat, pedagang, pemerintah, lembaga sosial, kaum dhuafa, anak yatim hingga pengamen dengan keterbatasan.


Badan Sosial atau yayasan yang telah bekerjasama dengan Pawon diantaranya
1. Rumah Zakat, Cilegon
2. Laz Harfa, Cilegon
3. Dompet Dhuafa, Cilegon
4. Yayasan Al-Kahfi, Cilegon
5. Pemeriksaan kesehatan gratis, Polres Cilegon
6. Kampanye Peduli AIDS
7. Ombudsman RI Banten Sosialisasi
8. BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba
9. PMI donor darah

Pawon juga memberikan kesempatan khusus kepada beberapa kalangan dhuafa yang mengais rezeki di CFD, mereka berjualan tanpa iuran atau iuran seikhlasnya atau dibebaskan dari iuran K3, mereka adalah :
1. Penjual cowet batu
2. Penjual madu badui
3. Penjual balon depan gerbang A1
4. Pancing ikan depan Al-Azhar (Yatim piatu)  
5. Para pengamen yang sangat banyak jumlahnya


Sedangkan internal Pawon terhadap anggotanya bentuk sosial yang dilakulan baik kepada (Istri / Suami / Anak Anggota) menjenguk jika sedang sakit atau terkena musibah dan bencana, Ta'ziah kepada keluarga yang meninggal dunia, menghadiri undangan pernikahan putra/putri anggota, serta jika ada usulan mengikut sertakan program asuransi (syari'ah) misalnya asuransi Takaful kolektif.

Para pedagang CFD adalah mereka anggota Pawon yang sudah tahu untuk menjadi anggota harus memiliki komitmen bertanggung jawab menjaga eksistensi CFD dengan mematuhi tata tertib dan peraturan yang ada, mau berkorban utk kebersamaan, peduli dan sensitif dengan keadaan sekitar, dan selama CFD berlangsung wajib menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan.

Tentu, sedikit banyak Pawon masih memiliki kekurangan, namun hal itu terus diupayakan agar menjadi lebih baik, memang ada saja perbedaan, namun inilah paguyuban, wadah para pedagang CFD untuk menyatukan isi kepala yang berbeda dengan tujuan yang sama.

Perjalanan waktu sejak tahun 2014 lalu, bukanlah hal mudah terutama yang dialami pengurus Pawon, diterpa dengan persoalan internal bahkan external. Dengan kepemimpinan Bapak Asep Rachmatullah, selaku ketua hingga saat ini Pawon masih bisa berdiri, bahkan pada periode penggantian ketua yang dilakukan secara demokratis pada april 2018 lalu, antusias anggota pawon terus memberikan dukungan dan terpilih kembali sebagai ketua Pawon.

Roda kepengurusan Pawon periode 2018-2021 atau disingkat 1821 ini baru saja menginjak kurang lebih 3 bulan, namun 5 juli 2018 lalu, Ketua Pawon menginformasikan kepada seluruh anggotanya melalui group WA internal Pawon sebagai media interaksi, komunikasi antar anggota dan pengurus, bahwa PT. KS menginginkan kegiatan CFD dipindahkan dari Jl. Yasin beji.

Tentu hal ini bukanlah kabar baik untuk para pedagang CFD (Anggota Pawon). Maka pada tanggal 8 juli 2018, seluruh anggota Pawon merapatkan barisan untuk menolak dipindahkan dengan menanda tangani petisi. Bahkan dari sebagian pengunjung turut serta mendukung penolakan tersebut.

Bahkan beberapa dari pengunjung bersedia di wawancarai dan mengungkapkan keberatan dengan berbagai alasan.


#SAVECFDCILEGON
#SAVECFDPAWON
#SAVECFD

0 komentar:

Posting Komentar