PawonMarket

Bersama Pawon Ciptakan Lingkungan Bebas Polusi, Wujudkan Budaya Kreatif Ekonomi Kerakyatan Profesional

Highlight

Wakil Walikota Cilegon Kunjungi CFD Cilegon

Pawoncilegon.com | Bertepatan terselanggaranya acara santunan "Pawon Peduli Yatim" di Car Free Day Cilegon (CFD) pada 1 Desembe...

Rabu, 11 April 2018

Siapa dibalik PV?

"wih ada halo-halonya, keren euy ... Lengkap amat ... " 
celetuk salah satu pengunjung yang saat itu sedang berada di tenda pedagang aksesoris komputer dan hp, kalimat spontan setelah mendengar Public Voice (PV). Mungkin pertama kalinya ia mengunjungi ke Car Free Day (CFD) Cilegon.

PawonCilegon.com - Disini, berbeda dengan tempat lain pada umumnya, informasi yang di pancarkan melalu PV memang terdengar layaknya seperti berada suatu tempat seperti Airport, Stasiun Kereta, Pelabuhan, Mall, Pusat Perbelanjaan dan Gedung-gedung perkantoran.

Pagi datang, anggota pawon akan di sambut dengan sapaan "Selamat datang kepada Anggota pawon dan pengunjung setia car free day, sebelum memulai aktivitas mari kita berdoa agar hasil yang kita raih hari ini menjadi berkah..... " suara tersebut berasal dari Posko Informasi & Pengendalian CFD yang berada di Zona Center, yang dipancarkan keseluruh pengeras suara atau speaker toa yang ada di zona CFD dari pintu timur hingga pintu barat.

Dan tentunya semua pedagang anggota pawon sudah familiar siapa pemilik suara tersebut, adalah Bapak Asep Rachmatullah (Ketua Pawon) yang hingga saat ini menjadi Announcer PV selama CFD berlangsung dan sudah dilakukan sejak tahun 2014.

Melalui PV, banyak informasi, himbawan dan panggilan yang disampaikan ditujukan kepada anggota Pawon atau pengunjung. Kejadian atau peristiwa yang saat itu terjadi dapat langsung di informasikan, dikomunikasikan serta di kondisikan. Contoh beberapa kejadian seperti orang tua yang terpisah dengan anaknya, jatuh atau tertinggalnya barang pribadi disuatu tempat, parkir kendaraan yang menghalangi jalan hingga pada info peristiwa fenomena alam sekalipun akan dengan cepat di infokan melalui PV.

Sebagai informasi, bahwa kegiatan CFD ini menggunakan dua jalur jalan raya sepanjang 800 meter, yang berlokasi di Jl. Kyai H. Yasin Beji, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten.Dan sejak pukul 05:30 sudah ramai, sedikitnya aktivitas 400 pedagang, serta pengunjung yang terus berdatangan hingga pukul 10:00.

Mengenai setting PV ternyata bukan perkara mudah untuk output kualitas suara, terkadang suara yang dikeluarkan kurang baik, terkadang juga bisa bagus, ini dikarenakan PV yang digunakan bersifat portable yang hanya digunakan seminggu sekali saja, pasang subuh dan menjelang sore harus di bongkar lagi. Dampaknya berpotensi settingan yang selalu berubah-ubah serta perlu perawatan extra untuk peralatan tersebut.

Untuk mendapatkan setting permanent, maka dilakukan riset dan perbaikan ke peralatan mulai pengecekan unit, mengganti kabel yang mulai rusak, mengecek speaker serta peralatan lainnya.

Dari dua kali riset yang sudah dilakukan pada akhir maret lalu belum mendapatkan hasil maksimal, hingga pada minggu berikutnya (7/4) kembali dilakukan setting ulang.

Dan memang kerja keras pengurus pawon tentunya layak diapreasi karna usaha yang dilakukan membuahkan hasil. Pada hari minggu kemudian (8/4) Suara yang terdengar dari PV memang beda dari biasanya, walaupun dikolaborasikan dengan backsound music konsisten dengan output yang baik atau disebut smooth and perfect.

"Ini hasil kerjasama dengan teman-teman pengurus sabtu kemarin kita cek ulang keseluruhan kabel, terutama pada kabel yang sudah terkelupas harus diganti, karena akan berpengaruh pada noise. kita akan terus tingkatkan supaya lebih ok lagi setidaknya jangan langsung puas dengan hasil yang sekarang hehe..". Tutur Bapak Sudarman salah satu Team Kreatif Pawon yang mongakomodir perbaikan tersebut. (AS/HKP)

.

0 komentar:

Posting Komentar